Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Tiap individu pasti pernah mengalami tantangan sulit dalam hidupnya. Tantangan ini merupakan laboratorium hidup untuk belajar tentang kecerdasan emosional. Kesusahan dan ketidaknyamanan merupakan ujian terhadap kepribadian dan watak kita, di depan umum maupun secara pribadi.

  • Kecerdasan emosional tidak dapat dikembangkan tanpa adanya kedalaman emosi. Kedalaman emosi bertujuan untuk membantu mengetahui siapa anda dan apa yang mungkin terjadi pada diri kita.  Kedalaman emosi membangun watak dan kewibawaan melalui membangkitkan potensi, integritas dan tujuan hiidup anda. Komitmen dan ketulusan hati merupakan unsure pokok dari kedalaman emosi. Apabila ti\ujuan hidup tidak jelas atau setengah-setengah dalam komitmen dan pelaksanaan tanggung jawab, tidak mampu mendengarkan suara hati dan ragu-ragu untuk maju karena takut, maka akan menemui kegagalan.
  • Salah satu cara untuk setia pada komitmen adalah membuat catatan kecil yang ditaruh pada suatu tempat khusus dan mudah diingat, sebagai salah satu cara untuk mengingatkan komitmen kita.
  • Sikap bertanggung jawab dibangkitkan dari dalam diri. Hati tidak dapat diperoleh dari luar. Sikap ini membuat anda terhindar dari kecendrungan menyalahkan orang lain atau keadaan, namun membuat anda lebih mampu merasakan dan mewaspadai masalah-masalah dan peluang yang akan timbul sejak dini.
  • Suara hati mendorong kita untuk memperhatikan potensi unik anda dan terus menyelaraskan diri dengan tujuan hidup dan integritas. Suara hati memanggil anda untuk menghadirkan apa yang dianggap terbaik.

Beberapa saran praktis mengembangkan kecerdasan emosional, yakni :

  • Bergabunglah ke dalam sebuah dialog dengan bicara secara perlahan dan tenang, tidak menyangkal emosi apapun yang timbul, tetapi tidak sampai dikuasai oleh emosi tersebut.
  • Tetap terbuka pada waktu situasi memanas.
  • Dengarkan dengan baik untuk memperbesar kesempatan.
  • Seimbangkan antara perasaan dan proses berpikir.
  • Kenali peluang untuk bekerjasama.
  • Jadikan kemarahan sebagai sesuatu yang produktif dan tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri.

(Dikutip dari Tabloid Tokoh, Agustus 2010, oleh : Lanang Aryawan). Semoga bermanfaat dalam mengelola emosi kita. Salamku : Toliong
Anda Ingin memperoleh PendapatanProgram Afililiasi ini memberikan peluang besar bagi AndaAyo Join…!  Silakan Klik Link atau Banner di bawah Ini :
http://www.vemmabuilder.com/27667560
vemmabuilder.com

thefreeadforum.com

BigExtraCash.com

Bigmoneycenter.com

Tentang gnsari1

memproduksi telur asin dengan cita rasa enak dan lezat cap gn sari, badung, denpasar, bali. menjual telur ayam, telor itik, telur ayam kampung, kopi bubuk bali dan lain-lain. menerima pesanan. hubungi : Persh. Gunung Sari alamat : Jln. A. Yani Utara / Raya Darmasaba nomor 63 ex, Darmasaba, Badung. Telepon : 0361 7931854
Pos ini dipublikasikan di Tips dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mengembangkan Kecerdasan Emosional

  1. Mr WordPress berkata:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan komentar